RSS

Checksum File

Seringkali kita menjumpai sebuah file download yang menyediakan keterangan md5sum dan sha1sum. Namun banyak para user mengabaikan fungsi dari keterangan tersebut karena menganggap tidak penting. Karena minimnya kewaspadaan terhadap file berbahaya yang seringkali muncul ketika kita download file dengan bebas, kali ini saya akan membahas mengenai bagaimana cara aman memiliki sebuah file dengan checksum yang saya batasi dengan menggunakan md5 dan sha1 karena paling sering kita jumpai ketika mau mendownload sebuah file.

Checksum merupakan nama ukuran tetap yang dihitung dari data digital secara acak untuk mendeteksi kesalahan yang terjadi selama transmisi atau penyimpanan. Bukan hanya kesalahan ketika gagal saat transmisi, checksum sangat penting untuk memastikan apakah sebuah file telah dirubah secara sengaja ataupun tidak yang memungkinkan terdapat serangan worm, virus maupun trojan yang bisa disisipkan dalam sebuah file dan menginfeksi komputer kita.


MD5 (Message-Digest algortihm 5)
MD5 di desain oleh Ronald Rivest pada tahun 1991 untuk menggantikan hash function sebelumnya, MD4. Pada tahun 1996 (wikipedia)
  • Panjangnya 16 bytes (32 karakter)
  • Contoh : e10adc3949ba59abbe56e057f20f883e
Misalkan kita memiliki sebuah file dengan nama test.txt
$ md5sum test.txt


SHA-1(Secure Hash Algorithm)
SHA-1 diciptakan oleh National Institue of Standars and Technology atau U.S. Federal Information Processing Standard
  • Panjangnya 20 bytes (40 karakter)
  • Contoh : b16e55f8a26dff4b0ce3150525fd45ea7bc8c37c
Misalkan kita memiliki sebuah file dengan nama test.txt
$ sha1sum test.txt


Cukup mudah penggunaannya dan simpel, tetapi banyak para user mengabaikannya. Jadi dengan adanya tool yang banyak tersedia mengenai checksum tidak ada salahnya kita sering memperhatikan data - data kita, terlebih di dalam linux checksum file sudah tersedia secara gratis.

0 comments:

Poskan Komentar