RSS

SMS Gateway Part 1

Pengertian Dasar
SMS Gateway merupakan sebuah perangkat lunak yang memanfaatkan komputer dan teknologi seluler guna mendistribusikan pesan-pesan yang di-generate lewat sistem informasi melalui media SMS (Short Message Service).

Secara khusus, sistem ini akan memiliki fungsi-fungsi seperti Message Management and Delivery yaitu pengaturan pesan yang meliputi manajemen prioritas pesan, manajemen pengiriman pesan, dan manajemen antrian. Pesan yang dikirim harus sedapat mungkin fail safe yang artinya, jika terdapat gangguan pada jaringan telekomunikasi, sistem secara otomatis akan mengirim ulang pesan tersebut.


Manfaat SMS Gateway
SMS Gateway merupakan sebuah pintu gerbang untuk penyebaran informasi dengan menggunakan SMS. Kita dapat mengirim pesan ke ratusan nomor secara otomatis dan cepat, karena langsung terhubung dengan database yang berisi nomor-nomor ponsel. Sehingga kita tidak perlu mengetik ratusan nomor dan pesan di ponsel.

Selain itu, dengan adanya SMS Gateway kita dapat meng-customisasi pesan-pesan yang ingin dikirim dan nomor tujuannya. Dengan menggunakan program tambahan yang dapat dibuat sendiri, pengirim pesan dapat lebih fleksibel dalam mengirim berita karena biasanya pesan yang ingin dikirim berbeda-beda untuk masing-masing penerimanya.


Paket Pendukung
Gammu : merupakan program yang berlisensi GNU GPL 2 sehingga menjamin kebebasan menggunakan aplikasi ini tanpa perlu takut dengan masalah legalitas dan biaya mahal yang harus dikeluarkan. Gammu mendukung berbagai macam model telepon seluler dan modem dengan berbagai jenis koneksi dan tipe

Apache2 : merupakan sebuah nama web server yang bertanggung jawab pada request-response HTTP dan logging informasi secara detail(kegunaan basicnya). Selain itu, Apache juga diartikan sebagai suatu web server yang kompak, modular, mengikuti standar protokol HTTP, dan tentu saja sangat digemari.

PhpMyAdmin : merupakan sebuah perangkat lunak bebas ditulis dalam bahasa pemrograman PHP yang digunakan untuk menangani administrasi MySQL. phpMyAdmin mendukung berbagai operasi MySQL, diantaranya mengelola basis data, tabel-tabel, bidang (fields), relasi (relations), indeks, pengguna (users), perijinan (permissions), dan lain-lain.

Mysql-server : merupakan salah satu aplikasi penyedia service / manajemen database dengan multi-user dan multi-thread yang bersifat open source.


Gambaran Umun
Mungkin dalam penggambaran secara garis besar SMS Gateway bisa dilihat seperti pada gambar dibawah ini, gambar diambil dari source searching google.


2 comments:

cipto mengatakan... [Reply to comment]

Ini dia yang ditunggu-tunggu, lanjutkan! Sekalian request iptables :D

Unknown mengatakan... [Reply to comment]

kita juga punya nih artikel mengenai 'SMS', silahkan dikunjungi dan dibaca , berikut linknya
http://repository.gunadarma.ac.id/bitstream/123456789/5429/1/jurnal%20ebenk.pdf
trimakasih
semoga bermanfaat

Posting Komentar