RSS

File System Hierarchy

Seperti yang kita ketahui file system di dalam linux menyerupai pohon, dimana / (root) merupakan akar yang letaknya paling awal sebagai tonggak utama dari direktori - direktori lainnya. File system hirarki inilah yang menjadi standarisasi file system di linux yang dikenal dengan FHS (Filesystem Hierarchy Standard)

Sharing Internet di Ubuntu

Sharing internet merupakan pembagian resource akses internet terhadap alamat ip private dengan beberapa device yang dapat dimanfaatkan. Dan di dalam ubuntu sendiri, sharing internet bisa kita gunakan selama alamat client yang akan kita beri akses internet bisa membuat koneksi ke komputer server (komputer server disini sebagai source yang memiliki akses internet)

Kalkulator Jaringan Via Terminal

Menghitung subneting di dalam sebuah jaringan merupakan hal yang sangat penting ketika akan membangun instalasi sebuah jaringan. Di dalam ubuntu sendiri kalkulator jaringan bisa kita gunakan untuk mempermudah dalam perhitungan jaringan terutama subneting.

Melihat Proses Real Time

Proses merupakan suatu program yang sedang di eksekusi. Dan setiap proses yang berjalan tersebut program akan memakan resource memoy. Untuk melihat proses apa saja yang sedang berjalan kita bisa melihat di dalam System - Administrator - System Monitor dengan versi GUI