RSS

Metasploit BackTrack di Ubuntu

Metasploit merupakan tool yang dapat dimanfaatkan oleh admin jaringan terutama dalam network security untuk tes penetrasi jaringan dan untuk memverifikasi sebuah instalasi dan path sistemnya. Metasploit framework dibuat dengan bahasa pemrograman Ruby dan termasuk juga komponen lainnya yang ditulis dalam bahasa C dan assembler.

Remastering Ubuntu dengan UCK

Remastering adalah suatu perombakan sistem operasi dimana kita bisa menambah maupun mengurangi fitur-fitur yang telah disediakan dari sistem operasi yang ada.
UCK (Ubuntu Customization Kit) merupakan suatu tool yang digunakan untuk remastering distro ubuntu untuk membuat suatu distro ubuntu baru.

DNS Lookup 2

Selain utility DNS Lookup dengan perintah host yang dibahas sebelumnya di linux terdapat satu lagi perintah yang dapat digunakan untuk mengetahui informasi tentang informasi DNS yaitu perintah dig.

DNS Lookup 1

DNS lookup adalah suatu utility untuk melihat informasi suatu DNS, di dalam linux sendiri tool ini sudah tersedia, tetapi masih banyak orang yang belum terlalu sering menggunakannya dan lebih suka menggunakan software lain.

Konfigurasi Proxy Server

Proxy server adalah server yang menjembatani klien dengan server gateway sebelum berkomunikasi dengan internet. Melalui proxy server, maka situs-situs yang sering dikunjungi akan terasa semakin cepat diakses user, karena telah tersimpan dalam cache proxy. Selain itu proxy server juga berfungsi untuk melakukan otentikasi user, memblokir situs-situs tertentu, memblokir banner dan sebagainya.

Melihat Kapasitas Folder

Kapasitas folder bisa dilihat dengan menggunakan windows manager, dan di ubuntu telah menyediakan nautilus sebagai windows manager. Dengan klik kanan pada folder akan terlihat kapasitas folder yang dituju.

FTP Server

FTP (File Transfer Protocol) merupakan suatu komunikasi dengan menggunakan protokol TCP untuk saling bertukar data di dalam jaringan.
Dari segi keamanan FTP sebenarnya cara yang tidak aman dalam mentransfer suatu file karena file dikirimkan tanpa di-enkripsi terlebih dahulu tetapi melalui clear text. Mode text yang dipakai untuk transfer data adalah format ASCII atau format binary. Karena pengirimannya tanpa enkripsi, username, password, data yang di transfer, maupun perintah yang dikirim dapat di sniffing oleh orang dengan menggunakan protocol analyzer (sniffer).

Merubah Nama Device

Nama device ethernet di ubuntu biasanya di generate oleh sistem secara otomatis, mulai dari eth0 sampai banyak device yang bisa terpasang. Tetapi kendalanya bila kita ingin mengkonfigurasi suatu jaringan dengan misal banyak device ethernet 6 secara terstruktur, nama device - device ini akan di generate oleh sistem yang mungkin tidak urut dan membingungkan kita dalam memanaged suatu jaringan.

Boot Screen dengan Plymouth

Plymouth merupakan spash screen atau tampilan animasi saat booting. Plymouth sendiri tampil dengan animasi yang lebih menarik saat ubuntu mulai booting. Secara default Ubuntu hanya terpasang tema boot screen standar yang lama-lama mungkin akan membuat pengguna bosan. Tetapi ada beberapa tema di dalam repository yang bisa dipasang di Ubuntu sebagai boot screen yang lebih menarik

Merubah Grub dengan Burg

Tampilan GRUB bisanya identik dengan warna hitam dan putih, mungkin hal ini dirasa sangat membosankan.
Brand-new Universal Loader from GRUB (BURG) merupakan salah satu aplikasi yang berfungsi untuk meubah tampilan grub menjadi lebih menarik daripada GRUB