RSS

Kode Dibalik Ubuntu

Di dalam sistem operasi ubuntu terdapat beberapa command atau keyword yang menarik dan belum tentu ada dalam sistem operasi lain.

Install VMware

VMware merupakan suatu aplikasi virtual mesin yang dapat menjalankan program seperti layaknya komputer asli, jadi tanpa harus menginstall dan merubah partisi yang sudah ada. VMware memerlukan partisi yang diambil dari sebuah storage yang sudah ada dan menggunakannya layaknya sebuah aplikasi dan membuat menjadi partisi dalam virtual mesin.

Mengaktifkan Wifi Error

Tidak semua wifi ubuntu support pada laptop, disini saya asumsikan wifi pada laptop "Compaq PresarioCQ20" menggunakan ubuntu10.04. Biasanya tombol wifi malah berubah menjadi tombol bluetooth

Menghapus Kernel Lama Ubuntu

Setelah melakukan update kernel Ubuntu tidak langsung menghapus kernel lama, dan ini cukup menyita space storage yang lumayan besar dan membuat grub menu lebih panjang.

Berkas dan Istilah dalam Bind9 Ubuntu

Setelah tutorial mengenai konfigurasi DNS yang bisa dilihat di sini perlu diperhatikan bahwa didalam konfigurasi kita mempunyai beberapa opsi yang harus diperhatikan untuk memahami lebih jauh tentang DNS dengan menggunakan Bind9

Melihat Spesifikasi Hardware di Ubuntu

Banyak sekali cara untuk mengetahui spesifikasi hardware di dalam command line.
dmicode salah satunya.

IP Public di Bash

IP Public merupakan sebuah alamat yang ditetapkan oleh IANA bersifat worlwide, bisa digunakan untuk mengakses internet namun penggunaan atau konfigurasinya tidak bebas (ada yang mengatur).
IP public bisa kita analogikan sebagai telepon yang bisa dipanggil oleh semua orang.

DNS Server dengan Bind9

Domain Name System (DNS) merupakan sebuah sistem yang menyimpan informasi tentang host dan nama domain dalam bentuk basis data tersebar dalam jaringan komputer. DNS bisa kita analogikan sebagai konversi alamat IP ke dalam nama domain yang mudah kita ingat misalnya zonapenguin.com
dan untuk lebih paham mengenai berkas - berkas bisa di bacaterlebih dahulu Istilah - istilah dalam DNS

Modifikasi Terminal

Terminal adalah suatu interface yang paling sering kita hadapi ketika mengoperasikan sistem operasi berbasis Unix. Tetapi sangatlah bosan ketika tampilan yang ada di terminal hanya standart.
Jadi ada beberapa cara untuk menjadikan terminal menjadi lebih unik dan bergambar.

Mengganti Nama di Grub

GRUB (Grand Unified Boot Loader) adalah bootloader yang sering digunakan pada sistem operasi Linux. Nah Grub ini juga yang mengidentifikasi operating system yang terdapat dalam storage. Disini saya akan menjelaskan cara mengganti nama dengan asumsi contoh memiliki 2 operating system yaitu Ubuntu dan Windows.

Perintah Dasar Linux

Perintah dasar Linux atau sering dikenal dengan CLI adalah tipe antarmuka dimana pengguna berinteraksi dengan sistem operasi melalui text-terminal. Pengguna menjalankan perintah dan program di sistem operasi tersebut dengan cara mengetikkan baris-baris tertentu.
Meskipun konsepnya sama, tiap-tiap sistem operasi memiliki nama atau istilah yang berbeda untuk CLI-nya. UNIX memberi nama CLI-nya sebagai bash, ash, ksh, dan lain sebagainya

Auto Mount File System Ubuntu

Sistem file pada Linux menyerupai pepohonan (tree), yaitu dimulai dari root, kemudian direktori dan sub direktori.Sistem file pada Linux sendiri diatur secara hirarkhikal, yaitu dimulai dari root dengan simbol "/".
Perintah mount berfungsi untuk menambahkan suatu file system yang ditemukan di beberapa device ke dalam hirarki system agar dapat diakses oleh user.
Tetapi bila kita restart komputer, file yang kita mount tadi akan otomatis ter umount atau terlepas kembali dari hirarki system.
Untuk itu kita harus membuat auto mount agar file system yang berada dalam device storage otomatis terpasang atau auto mount dalam system ubuntu.

File System di Linux

Pengertian :
File system (sistem berkas) merupakan sebuah metode penyimpanan dan pengorganisasian data/file pada komputer dengan menggunakan sebuah media penyimpanan seperti harddisk dan CD-ROM.

Install Ubuntu 10.04

Ubuntu merupakan operating system yang berbasis open source, banyak sekali keuntungan yang bisa kita manfaatkan dari operating system ini, cara installnya pun cukup mudah dan cepat.
Disini saya akan menginstall sistem operasi Ubuntu 10.04 LTS

Update Repository Lokal Ubuntu

Update Repository lokal diperluakan agar list software dalam ubuntu semakin update atau lebih kompleks.
Biasanya kalau kita baru saja install ubuntu akan terasa sekali ubuntunya masih simpel banget.
Nah untuk merubah tampilan ubuntu dan menambah software-software ubuntu kita harus update sources listnya terlebih dahulu..